03/09/18

Sifat Hewan dalam Diri Kita

Walaupun manusia sudah melewati tahapan evolusi selama ribuan tahun, mungkin bahkan jutaan tahun yang lalu, namun sifat - sifat hewan ini masih tinggal di dalam diri kita.

Rasa serakah, takut, khawatir, keinginan untuk berkelompok membentuk kawanan untuk saling menjaga dan sifat-sifat lainnya masih saja dapat ditemukan dalam kepribadian kita.
Tak disangka, sifat ini masih berlaku bahkan di negara yang kita anggap sudah maju seperti Amerika.

Tak diduga, pada pilpres AS Donald Trumph menang menjadi presiden AS dengan membangun sentimen rasisme dan ketakutan akan kelompok tertentu membuat rakyat AS memilih Thrump. Sementara saingannya yang lebih moderat dan humble (ramah) kalah oleh rasa takut sebagian besar rakyat Amerika.

Manusia memang unik, memori mereka, alam bawah sadar mereka, pengalaman mereka dan harapan serta cita-cita mereka dapat dipengaruhi, rasa takut dan tidak tahu membuat seseorang mudah sekali untuk dipengaruhi dan dibelokkan sesuai dengan keinginan sang pemandu.

Karena rasa rakus dan takut banyak orang bersedia untuk merampok, membunuh dan melakukan hal jahat lainnya karena takut nanti tidak bisa survive dalam hidup.
Sejarah juga membuktikan jika peperangan dan pembunuhan di zaman purba, pertama kali juga dilakukan karena perebutan sumber daya alam dan ketakutan akan tidak bisanya sebuah kelompok atau klan untuk bertahan hidup, sehingga mereka menyerang klan lainnya untuk bisa menguasai sumber daya alam /pertanian mereka.

Dalam seleksi alam dan evolusi juga, gen terkuatlah yang akhirnya diturunkan ke generasi berikutnya dengan harapan spesies tersebut bisa terus hidup sampai generasi berikutnya, adalah hal yang sering kita lihat dalam dunia hewan jika kawanan hewan selalu punya raja / ketua, dan raja / ketua memiliki banyak sekali pasangan untuk kawin, sedangkan jantan yang lemah akan kesulitan mencari pasangan, si betina akan senang untuk menerima gen dari pejantan yang perkasa dengan harapan untuk memiliki keturunan yang perkasa pula.

Maka jangan heran bahwa saat ini ada calon yang menebarkan ketakutan, menceritakan kisah horor dengan harapan banyak orang yang ketakutan sehingga untuk menghilangkan rasa takut itu mereka akan memilihnya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...