18/07/16

KESOMBONGAN MUNCUL AKIBAT PERSEPSI, PADAHAL PERSEPSI KITA BERBEDA-BEDA

Akibat pengen nulis lagi.....

Masih ingat soal indera pencerna informasi yang pernah kita bahas bersama, bahwa peristiwa sebagai bahan dasar informasi bisa diterjemahkan masing-masing tubuh manusia dan menghasilkan respon yang berbeda pada setiap orang.

Itulah kekuatan persepsi (cara padang terhadap sesuatu berdasarkan nilai-nilai yang diajarkan kepadanya atau berdasarkan pengalaman hidup sebelumnya), jadi persepsi seseorang dengan orang lain juga berbeda terhadap suatu peristiwa.

Malah terkadang persepsi seseorang bisa menjadikan dirinya menjadi sombong atau biasa saja, contoh dalam kehidupan seseorang sebuah mobil adalah hal yang biasa, berdasarkan pengalaman sebelumnya bahwa ia sudah lama punya mobil atau generasi sebelum dia dalam keluarganya (ayah, kakek, atau buyutnya) sudah biasa punya mobil. Maka persepsinya tentang sebuah "mobil" menjadi biasa saja.

Lain halnya dengan seseorang yang baru saja memiliki mobil pertama kali, maka "ego" untuk menunjukkan diri (aktualisasi diri) menjadi lebih tinggi dan persepsinya menimbulkan pengertian bahwa apa yang ia raih patut untuk dibanggakan.

Dalam kehidupan yang lain, ada juga orang yang tidak menganggap harta kekayaan sebagai sesuatu yang penting, ada yang menganggap harta hanya sebagai alat pencapai tujuan, bisa hilang, datang, pergi, lalu hadir kembali, harta hanya digunakan sebagai salah satu alat untuk mencapai kebahagiaan...

Pada akhirnya setiap orang punya persepsi sendiri mengenai harta benda, maka sebenarnya tidaklah bijak apabila seseorang menyombongkan harta, jabatan atau kekayaan yang dimilikinya, karna persepsi seseorang terhadap suatu nilai juga berbeda, dan juga tidaklah sama tolak ukur setiap orang terhadap harta benda, dan jabatan.

Maka berhentilah menyombongkan diri, kesombongan hanya ada dalam persepsi.........berharga menurut anda belum tentu berharga menurut orang lain, bisa saja mereka menganggap hal itu hal yang biasa saja...

Prioritas bagi anda belum tentu Prioritas bagi orang lain, jadi bersikaplah biasa saja......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...