04/07/16

Jangan Salahkan Aparatnya, Tapi Salahkanlah Masyarakatnya.

Dalam membaca beberapa postingan di media sosial terkait dengan kelakuan aparat, saya terkadang bingung, bingung karna beberapa komentator di media sosial merasa "paling benar" saat membully aparat yang melanggar aturan atau bertindak menyimpang dan tindakan itu merugikan masyarakat.

Jika melihat negara sebagai suatu keutuhan, maka negara tentu saja terdiri dari masyarakat dan wilayah, masyarakat yang menetap pada suatu wilayah membentuk pemerintahan mereka dan membangun sebuah sistem dan alat kelengkapannya agar roda pemerintahan dan tujuan mendirikan sebuah negara bisa tercapai.

Bertolak dari filosofi tersebut, sebenarnya tidaklah ada alasan untuk membuly sebuah aparat negara, apalagi yang membuly tersebut masyarakatnya sendiri. Apakah anda lupa jika aparat yang anda buly merupakan produk masyarakat sendiri. 

Aparat dibentuk oleh pemerintah dengan merekrut anak-anak masyarakat dan memasukkannya dalam sebuah sistem ke aparatan, dengan metode perekrutan yang dibentuk masyarakat melalui wakil-wakilnya di dewan perwakilan mereka di legislatif.

Jika kemudian masyarakat membuli aparat, perlu dipertimbangkan kembali, siapa aparat tersebut, pelajari silsilahnya, bisa jadi ia merupakan keluargamu, pamanmu atau tentanggamu, jika kemudian terjadi penyimpangan perilakunya, tanyakan kembali apakah ada yang salah dalam pembinaan karakter dilingkunganmu.

Aparat tidaklah dibentuk dari negara lain, atau planet lain lalu ditempatkan dilingkunganmu untuk mengamankan lingkunganmu. Aparat berasal dari keluargamu, lingkunganmu, teman-temanmu atau setidaknya satu negara denganmu, dengan sistem yang sama, falsafah yang sama atau tanah air yang sama. 
Jadi sebelum membuli, tanyakan pada diri sendiri apakah dirimu lebih baik dari mereka, tidak suka menyuap, tidak suka melanggar aturan dan memiliki integritas. Jika semua itu belum bisa kau capai, cobalah berbenah dan kurangilah membuli.

#Tidak ada aparat yang baik dalam masyarakat yang sakit, justru aparat dianggap sakit jika ia berlaku baik dalam masyarakat yang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...