07/08/13

Budaya Konsumtif Pada Saat Lebaran

Ramadhan datang lagi, setiap tahun masa-masa ini datang lagi, umat Muslim merayakannya dengan gembira dan sukacita. 

Ramadhan juga disambut oleh Mal-mal dan pusat perbelanjaan, beragam produk terbaik ditampilkan, iklan dan taburan diskon menarik dipampang semenarik mungkin dengan harapan dapat meningkatkan penjualan.

Masyarakat berlomba-lomba membelanjakan uang mereka untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat pada saat lebaran. 

Bagi yang berpenghasilan yang cukup hal ini memang tidaklah masalah, namun untuk yang berpenghasilan rendah hal ini menjadi sebuah masalah baru. Lebaran malah menjadi masalah karena tidak bisa berbelanja dan memenuhi kebutuhan yang meningkat.

Makanya sudah menjadi masalah tahunan bagi aparat keamanan di negeri ini bahwa pada masa bulan puasa tingkat kriminalitas sudah meningkat dan aparat mengantisipasinya dengan menambah intensitas pengamanan dan merubah pola pengamanan.

Budaya konsumtif terkadang telah merubah keadaan lebaran menjadi sebuah ajang pamer dan ajang penunjukan identitas, pada saat lebaran masyarakat berlomba-lomba berbelanja dan menghabiskan uang untuk persiapan lebaran.

Memang tidak ada salahnya merayakan lebaran dengan pakaian baru, ornamen rumah baru atau kendaraan baru, tapi jangan sampai hal itu yang menjadi tujuan utama dalam merayakan lebaran.

Selamat Hari Lebaran, Minal Aidin Walfa Idin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...