12/07/13

Cara biar enjoy ngeblog


Banyak orang yang gagal ngeblog dan mengalami frustasi karena mengharapkan hasil yang instan dari sebuah blog yang dibuatnya.

Saya juga pernah mengalaminya setahun yang lalu saat saya baru mengenal dunia blogging, hampir setiap hari ngeblog, bikin postingan dan berusaha menampilkan artikel yang terbaik menurut saya.

Hampir selama 3 bulan setiap hari hanya dikamar berkutat dengan artikel-artikel bagaimana cara membuat blog yang ramai dan berpenghasilan yang tinggi sekaligus berhayal akan mendapatkan penghasilan jutaan perbulan dan berhayal akan dibeli apa uang sebanyak itu.

Akhirnya setelah sekitar 6 bulan ngeblog tapi penghasilan yang didapat hanya sebanyak Rp.1.200,- dari Adsense Camp akhirnya saya vakum dan menghentikan kegiatan ngeblog saya karena hasilnya nol, nol besar padahal badan tambah kurus karena kurang tidur.

Memang memiliki ambisi besar itu baik, namun kesabaran dan keuletan serta kestabilanlah yang paling penting. Berdasarkan pengamatan di dunia blogging yang saya lakukan akhirnya saya menyadari bahwa orang-orang  yang sukses di dunia internet marketing maupun blogging telah memulai perjalanan blogging mereka beberapa tahun yang lalu, bahkan beberapa yang benar-benar berhasil mendapatkan penghasilan yang besar sudah melakoni hal itu diatas lima tahun.

Jadi saya menyadari bahwa keberhasilan seorang blogger tidak didapat dalam waktu yang singkat. Lihat saja blogger-bloger kelas atas yang sudah memiliki ribuan artikel di dalam blog mereka. Dalam menulis artikel memerlukan waktu bertahun-tahun. Setiap hari menulis artikel yang berkualitas, memperbaiki kualitas tulisan dan berusaha meningkatkan kualitas SEO dan tampilan situs mereka.

Kini sekitar sebulan ini saya mulai ngeblog lagi, namun dengan dengan emosi yang sedikit berbeda, tidak mengharapkan kesuksesan yang instan. Memulai dengan target akan mendapatkan penghasilan yang lumayan dalam jangka 2-3 tahun ke depan.

Target yang sederhana yaitu menuliskan paling tidak 2 artikel sehari yang orisinil dan tidak copy paste. Target berikutnya adalah mendapatkan akun google adsense dalam jangka 6 bulan ke depan.

Sebenarnya yang paling sulit dalam dunia blogging menurut saya adalah KONSISTENSI . Bagaimana menjaga dan memelihara agar semangat tetap membara menjalankan aktifitas di dunia blogging, karena yang biasanya membuat para blogger berhenti ditengah jalan adalah adanya rasa jenuh dan malas akibat harapan yang terlalu tinggi dan muluk tidak sesuai dengan harapan semula.

Alasan lain para blogger berhenti ngeblog adalah karena banyaknya kegiatan di dunia nyata yang menguras energi dan waktu sehingga waktu untuk ngeblog tidak tersisa dan tidak teratur dengan baik, hingga akhirnya ngeblog diabaikan.

Oleh karena itu saran saya untuk anda para blogger biar ngeblog enjoy dan fun :
a. Jangan membuat target yang terlalu tinggi yang akan membuat cepat frustasi.
b. Jadikan ngeblog sebagai hobi dan kesenangan.
c. Mulailah membeli buku / mempelajari cara menulis artikel yang baik.

Salam Blogger








1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...