25/06/13

Jika ingin kaya berhentilah berbelanja dan mulailah berinvestasi

Orang-orang terkaya didunia membagikan resep mereka mengapa mereka semakin kaya dan terus semakin kaya. Ternyata gaya hidup mereka tidaklah sama dengan gaya hidup orang kebanyakan.
Kebanyakan orang setiap habis gajian menghabiskan uang mereka dan berbelanja sehingga pendapatan mereka habis untuk memenuhi nafsu mereka. Maka jika ingin kaya mulai sekarang berhentilah berbelanja dan mulailah berinvestasi.

Setelah gajian sisihkan uang anda dan buatlah target anda anda menabung untuk membeli aset berupa rumah, tanah atau kebun. Belilah sesuatu aset yang kemungkinan besar di masa depan nilainya akan terus naik dan memberikan keuntungan kepada anda secara terus menerus.

Janganlah membeli barag-barang yang nilainya akan habis seperti kendaraan bermotor, handphone ataupun tas karena nilainya akan terus menurun seiring dengan waktu.
Perhitungkan berapa kenaikan nilai aset anda setiap tahun, maka lama-kelamaan anda akan bertambah kaya dengan sendirinya.

Sebenarnya yang membuat kita miskin adalah diri kita sendiri, gaya hidup kita dan salah dalam mengelola uang. 

Coba anda hitung jika anda membeli sebuah kendaraan bermotor mungkin saat ini harganya adalah 100 juta, setelah dipakai 1 tahun, maka harganya akan menjadi 90 juta dan setelah 5 tahun pemakaian harganya hanya 50 juta, maka setiap tahun maka kita mengalami kehilangan nilai sebesar 50 juta.

Namun jika anda bisa menahan nafsu anda untuk membeli mobil dan anda jadi membeli tanah seharga 100 juta, maka 5 tahun ke depan mungkin harga tanah yang anda miliki harganya bisa mencapa 300 jutaan. Anda bisa memperoleh untung sebesar 200 juta tanpa melakukan apa-apa.

Dan hindari untuk membeli barang konsumsi secara kredit karena kita mengalami 2 kali kerugian yaitu rugi karena saat kredit kita membayar bunga dan turunnya nilai barang. Saat membeli mobil seharga 100  juta dengan kredit maka kita harus membayar pinjaman dan bunga yang bisa mencapai 150 juta sementara pada saat lunas mobil yang kita miliki harganya bisa hanya mencapai 70 juta, kita mengalami kerugian sebanyak 2 kali lipat. 

Untuk itu mulailah untuk menahan nafsu untuk membeli sesuatu yang sifatnya konsumsi dan mulailah membeli barang yang bernilai investasi tinggi karena akan membuat kita kaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...