26/03/13

Penipuan Info Lowongan Kerja

Ada-ada saja modus penipuan terbaru saat ini. Para penipu ini terus meningkatkan cara penipuan mereka dan malah menipu orang yang sedang dalam masalah.

Suatu ketika saya menerima sms yang isinya menawarkan lowongan pekerjaan dari sebuah perusahaan besar seperti Pertamina. Dalam sms tersebut disebutkan bahwa perusahaan tersebut membutuhkan karyawan lulusan D1, D3 dan S1.

Selanjutnya isi sms tersebut menyuruh agar mengirimkan pas foto ukuran 3x4, curicullum vitae dan permohonan lamaran, serta nomor HP kerja ke alamat email : pertamina123@gmail.com. Namun saya tahu bahwa sms tersebut adalah penipuan.

Beberapa orang telah menjadi korban penipuan tersebut, setelah calon korban mengirimkan email, maka pelaku akan menghubungi mereka dan menyatakan akan dilakukan seleksi penerimaan karyawan tersebut.

Selanjutnya penipu akan meminta sejumlah uang dengan alasan untuk biaya training yang akan dilaksanakan beberapa waktu kemudian dan menyuruh mentransfer uang tersebut ke rekening yang telah ditentukan oleh penipu.

Biasanya setelah uangnya telah diterima, makan nomor HP yang tadi digunakan oleh pelaku akan tidak aktif lagi dan tidak bisa dihubungi.

Ini adalah jenis penipuan yang baru yang memanfaatkan sulitnya mencari pekerjaan semoga anda bila menjadi pencari kerja agar lebih berhati-harti dan melakukan cross check ke perusahaan yang menerima lowongan kerja.

Terima kasih semoga bermanfaat........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...