26/03/13

AWAS TOKO ONLINE PALSU

Pertumbuhan pengguna internet sangat signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini, hal ini memicu juga tingginya penipuan dalam dunia internet.

Salah satu penipuan yang marak saat ini adalah dengan modus toko online palsu. Sebagian toko online di dunia maya adalah palsu. Dahulu banyak toko online yang menjual barang yang lebih murah dengan kualitas yang sama karena mereka memperolehnya dari BM (black market) tanpa cukai dan pajak sehingga harganya lebih miring daripada harga pasaran.

Namun saat ini banyak situs toko online palsu yang menawarkan barang yang sangat murah dengan kualitas yang sama. Namun setelah uang ditransfer ternyata barang tidak sampai-sampai.
Dalam beberapa kasus ada juga barang yang sampai tapi tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Penipuan jenis ini juga terjadi dalam hal pembuatan iklan oleh oknum penipu melalui situs jual-beli yang besar seperti tokobagus.com dan beberapa situs jual beli lain.

Untuk itu sebelum anda melakukan transaksi jual-beli melalui internet sebaiknya anda memperhatikan :

1. Alamat situs jual beli, usahakan memperhatikan secara teliti situs jual beli /toko online penjual tersebut. Usahakan anda memilih situs yang berada di Indonesia dengan bentuk ".co.id" karena dengan begitu maka pembuat situs dalam membuat alamat .co.id tentu saja melampirkan alamat Indonesianya sehingga mudah untuk dilacak.

2. Alamat domain yang digunakan. Untuk lebih bisa dipertanggung jawabkan dan memang benar-benar bahwa penjual adalah bermodal dan profesional dalam menjual, maka hindari toko online yang berdomain gratisan seperti : blogspot.com atau wordpress.com karena domain gratisan tentu akan membuat mereka lebih mudah mengganti alamat domain mereka dan tanpa modal.

3. Sebelum mentransfer sejumlah uang teliti lah lagi, agar uang anda tidak melayang sia-sia.

4. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah, lakukan pengecekan harga dipasar, kemudian pertimbangkan apakah harga tersebut memang logis atau tidak, kalau tidak logis maka hindari, karena kemungkinan besar itu adalah penipuan.

Semoga bermanfaat.............................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...