22/03/13

Walet Pencari Uang

Bisnis walet memang luar biasa ! banyak orang yang kaya secara "diam-diam" dengan beternak burung walet.

Memang harga perkilo saat ini turun di kisaran Rp. 6 juta perkilo, tapi tetap saja menguntungkan. Padahal dulu pada waktu belum banyak orang yang mengusahakannya harga perkilo burung walet mencapai Rp.25 juta per kilonya.

Hingga saat ini diberbagai tempat dari desa hingga tengah kota banyak bangunan yang disulap menjadi sarang walet.

Burung walet adalah sejenis burung yang suka hidup dekat dengan air dan sarang yang diperjual belikan dan berharga tersebut berasal dari air liur sang burung.Sarang tersebutlah yang dijual dan dijadikan makanan, dijadikan sup atau makanan lainnya.

Banyak peternak sarang burung walet yang penghasilannya puluhan juta rupiah perbulannya hanya dengan memelihara burung walet. Tak banyak masyarakat yang tau akan hal itu karena biasanya pemilik burung walet tidak akan bercerita dan berbagi tips tentang burung walet.

Memelihara burung walet termasuk sulit, karena tidak semua sarang walet yang dibuat pasti akan ditempati oleh burung walet. Tergantung jodoh dan perlakuan pemilik tempat terhadap burung tersebut.

Burung walet yang biasanya banyak di tepi sungai atau pantai atau yang dekat dengan air, sehingga biasanya apabila peternak walet membuat sarang walet di tengah kota maka akan dibuat kolam tempat burung tersebut mandi.

Burung walet adalah burung liar sehingga agak sulit untuk membuat burung tersebut betah pada suatu tempat dan membuat sarang. Oleh karena itu biasanya pemilik tempat akan membuat sebuah kaset untuk memanggil burung.

Suara burung walet direkam lalu diputarkan dengan tape atau CD sehingga terus keluar bunyi untuk memanggil burung walet, suara inilah yang membuat burung tersebut berkumpul dan membuat sarang.

Tapi kendala membuat tempat walet adalah dana, untuk membuat tempat walet memerlukan modal yang cukup karena walet suka tempat yang tinggi, maka dibutuhkan bangunan yang cukup tinggi. Inilah biasanya yang menjadi kendala dalam memelihara walet


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...